Paseban Jati

0
Berikut beberapa ulasan tentang Tempat Wisata Goa Langsih yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga. Goa Langsih berada di puncak Bukit Surowiti, Gresik, Jawa Timur. Tepatnya di perbukitan Surowiti, Panceng-Gresik kira-kira 35 kilometer dari pusat Kota Gresik ke arah Kota Lamongan. Goa Langsih adalah tempat bertapa Sunan Kalijaga semasa hidupnya. Di dalamnya, terdapat sebuah batu menjangan yang konon memiliki tuah. Perjalanan ke gua ini menanjak namun indah.

Sejarah tentang Goa Langsih 

Konon Goa Langsih adalah tempat tinggal Berandal Loka Jaya, nama julukan Raden Sahid sebelum mendapat pencerahan melalui Sunan Bonang, saat masih menjadi pemimpin begal. Sebelum mendapat pencerahan, Sunan Kalijaga atau yang disebut Raden Sahid tinggal di Goa Langsih.

Ada juga beberapa fakta tentang Goa Langsih ini, tempat yang terbilang sakral ini juga dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Goa ini tergolong unik, karena memiliki pintu atau lubang masuk yang sangat sempit. Dan merupakan tempat Sunan Kalijaga bermunajat kepada Tuhan Yang Maha kuasa. Goa Langsih terdiri atas dua ruangan. Pintu masuk goa ini terbilang sempit, ukurannya pas untuk tubuh satu orang. Ruangan atas goa konon dulunya digunakan Sunan Kalijaga untuk bermusyawarah dengan sunan-sunan lainnya, dalam memecahkan persoalaan Agama Islam. Dan lubang masuk ruang kedua ini jauh lebih sempit dan terdapat tangga turun yang terbuat dari balok kayu besar. Dalam ruangan bagian bawah goa terdapat batuan yang berbentuk cekungan dengan air yang menetes secara terus-menerus, yang dulunya digunakan Sunan Kalijaga untuk berwudhu. (Sumber: Telusur Indonesia http://www.telusurindonesia.com/tempat-wisata-goa-langsih-gresik-jawa-timur.html)

Berikut beberapa gambar tentang Goa Langsih Gresik Jawa Timur:









Posting khusus Syariat, Tariqat, Hakikat, Makrifat, silahkan kunjungi:

http://sufipedia.blogspot.com
Visit Sufipedia

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Paseban Jati dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





http://paseban-jati.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Paseban Jati

Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul Jejak Petilasan Sunan Kalijaga di Goa Langsih Gresik. Jika menurut Anda Jejak Petilasan Sunan Kalijaga di Goa Langsih Gresik bermanfaat mohon bantu sebarkan. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan tinggalkan komentar sebelum meninggalkan Paseban Jati. Jika ingin bergabung menjadi anggota Paseban Jati, silahkan klik DAFTAR. Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Mubina Tour Indonesia | Follow FB Fanspages Mubina Tour Indonesia - Sub.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top