Paseban Jati

0

Perjanjian antara Syanghyang Surawisesa (Raja Pajajaran) dengan Henrique Leme (Portugis)

Tahun 1522 Jorge de Albuquerque kapitan kota Malaka mengutus Henrique Leme untuk menghadap Syanghyang Surawisesa, bertujuan untuk memperoleh bantuan mereka dalam peperangan yang berlangsung dengan orang Islam dan untuk memperkuat hubungan dagang, orang Portugis diberi hak untuk membangun sebuah Benteng dan dijamin bahwa mereka boleh memuat lada sejumlah yang mereka kehendaki. 

Selain itu Raja pun berjanji memberikan 1.000 karung lada setiap tahunnya kepada Raja Portugal mulai hari dibangunnya benteng tersebut. Perjanjian tersebut dibuat secara tertulis. Tiga orang menteri setempat turut ambil bagian dalam pembicaraan tersebut: "Mandari Tadam, Tamungo Sague de Pate dang Bengar syahbandar setempat". 

Atas perintah Raja mereka mengantar Leme ke tempat yang akan dibangunnya Benteng tersebut, disebelah kanan muara sungai, dikawasan yang dinamai Calapa. Disana orang Portugis mendirikan padrao. 

Selanjutnya Leme pulang ke Melaka. Albuquerque menilai hal itu sangat penting dan meminta persetujuan Raja Portugal Joao III, Raja Portugal menyetujuinya dan mempercayakan pelaksanaanya kepada Fransisco de Sa yang berangkat dengan armada yang dipimpin oleh Vasco de Gama, wakil Raja di India yang baru.

Posting khusus Syariat, Tariqat, Hakikat, Makrifat, silahkan kunjungi:

http://sufipedia.blogspot.com
Visit Sufipedia

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Paseban Jati dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





http://paseban-jati.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Paseban Jati

Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul Perjanjian Antara Pajajaran Dengan Portugis. Jika menurut Anda Perjanjian Antara Pajajaran Dengan Portugis bermanfaat mohon bantu sebarkan. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan tinggalkan komentar sebelum meninggalkan Paseban Jati. Jika ingin bergabung menjadi anggota Paseban Jati, silahkan klik DAFTAR. Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Mubina Tour Indonesia | Follow FB Fanspages Mubina Tour Indonesia - Sub.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top