Paseban Jati

0

Sepanjang, ternyata nama Seorang Panglima perang tangguh, pantang menyerah. Seorang pejuang Tionghoa yang berjuang melawan VOC ketika Huru-hara Orang China tahun 1740 terjadi di Batavia. 

Dalam kejaran Belanda, Sang Panglima mundur hingga sampai Kartosuro dan bergabung dengan Pasukan Mataram.

Nama aslinya Souw Phan Chiang, yang menurut lidah Orang Jawa adalah Sepanjang, beliau adalah Seorang Kapiten. 

Beliau bergabung dengan Pasukan Raden Mas Garendi / Sunan Amangkurat V, mengangkat Senjata Melawan VOC.

Raden Mas Garendi / Sunan Amangkurat V / Sunan Kuning, adalah seorang Pangeran dan salah seorang cucu dari Sunan Amangkurat III yang sempat bertahta di singhasana Mataram di Kartosuro. Tahun 1743, adalah batas akhir pelarian gabungan pasukan Raden Mas Garendi dengan Pasukan Kapiten Sepanjang, yang bergerak mundur ke Sebuah Daerah, yang sekarang abadi bernama Sepanjang.

Dengan berbagai pertimbangan untuk menyudahi konflik, akhirnya pasukan Raden Mas Garendi terbujuk untuk berunding dengan VOC di Surabaya, oleh VOC kemudian di tangkap dan asingkan ke Ceylon / Sri langka. 

Adapun Kapiten Sepanjang yang berhasil Meloloskan diri, meneruskan perjalanan sampai ke Pulau Bali.

Sementara konflik keluarga pewaris tahta Mataram yang amat sangat rumit dan membingungkan, yang terkait dengan peristiwa ini, telah berakhir tahun 1757. dengan terbelahnya Keraton Mataram menjadi 3 Kerajaan Kecil. Surakarta Hadiningrat, Kasultanan Jogjakarta dan Puro Mangkunegaran (Pangeran Samber Nyowo).

Kampung Me-gare, tetangga sebelah barat kota Sepanjang, adalah topomim dari nama Mas Garendi / Sunan Amangkurat V / Sunan Kuning.

Nah, dari sini kemungkinan keturunan Mataram yang lain banyak menetap di Sepanjang, seperti Raden Mas Pengeran Kerthoyuda, Mbah Raden Ali (Ngelom), dan lain-lain. 

Bukti lainnya adalah thoriqoh yang berkembang di kota Sepanjang, adalah Thoriqoh Syathoriyah yang dibawa Raden Mas Pengeran Kerthoyuda dari Mataram.

Sumber:
Arsip Keraton, Oleh Bp Daradjadi Gondodiprojo yang masih Sentono Dalem Keraton Mangkunegaran.

Posting khusus Syariat, Tariqat, Hakikat, Makrifat, silahkan kunjungi:

http://sufipedia.blogspot.com
Visit Sufipedia

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Paseban Jati dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





http://paseban-jati.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Paseban Jati

Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul Sejarah Sepanjang Sidoarjo. Jika menurut Anda Sejarah Sepanjang Sidoarjo bermanfaat mohon bantu sebarkan. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan tinggalkan komentar sebelum meninggalkan Paseban Jati. Jika ingin bergabung menjadi anggota Paseban Jati, silahkan klik DAFTAR. Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Mubina Tour Indonesia | Follow FB Fanspages Mubina Tour Indonesia - Sub.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top