Paseban Jati

0

Pada tahun 1960 Soekarno datang ke Cuba menemui Fidel Castro. Castro meminta beberapa pelajaran dari Soekarno tentang konsep-konsep Revolusi dan cara mempertahankan harga diri bangsa. Soekarno pun memberikan buah pemikirannya kepada Castro. 

Berikut adalah petikan dialog tersebut:

Soekarno “Baiklah, Yang Mulia, Castro. Pertama-tama, sebuah negara haruslah independen. Ini adalah persyaratan terbesar dari revolusi. Ia (maksudnya adalah “suatu negeri”) haruslah tidak tergantung pada siapa pun. Kekuatan dirinya sendiri yang yang menentukan ukurannya. Sebuah negeri haruslah memiliki independensi, karena independensi akan menghasilkan tiga hal; kehormatannya, kemanusiannya dan kepandaiannya. Sekarang, untuk mendapatkan tiga hal itu, mestilah kuat menghadapi badai godaan. Saya sendiri akan melawan bila negara saya dikelilingi oleh koloni-koloni yang kemudian berkembang menjadi ancaman”. 

Castro “Jadi apa yang harus saya lakukan dengan Cuba?”

Soekarno ” Yang harus dilakukan dengan Cuba, pertama-tama Yang Mulia harus menganalisa kekuatan modal apa yang bisa menjadi sumber kejayaan Yang Mulia, apa yang biasa dijadikan sarananya untuk mandiri, lalu gunakan modal itu 100% untuk kesejahteraan umum. Bagi saya kesejahteraan umum adalah sumber kebahagiaan rakyat. Negara tidak boleh mejadi tempat bagi perampok (marauder) atas kapital (modal untuk independen), atau pun atas komoditi-komoditi.”

Dan ajaran Soekarno ini benar-benar dipegang teguh oleh Cuba. Sepulang Soekarno dari Cuba, Castro segera menyelengarakan “General Wealthfare Act”. Sarana-sarana umum seperti sekolah, rumah sakit dan sebagainya dibuat sebaik mungkin. Anda boleh percaya, boleh juga tidak, bahwa hingga hari ini pelayanan kesehatan yang terbaik di dunia untuk masyarakat adalah di Cuba.



Posting khusus Syariat, Tariqat, Hakikat, Makrifat, silahkan kunjungi:

http://sufipedia.blogspot.com
Visit Sufipedia

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Paseban Jati dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





http://paseban-jati.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Paseban Jati

Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul Bung Karno Adalah Inspirasi Dan Pahlawan Untuk Banyak Negara. Jika menurut Anda Bung Karno Adalah Inspirasi Dan Pahlawan Untuk Banyak Negara bermanfaat mohon bantu sebarkan. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan tinggalkan komentar sebelum meninggalkan Paseban Jati. Jika ingin bergabung menjadi anggota Paseban Jati, silahkan klik DAFTAR. Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Mubina Tour Indonesia | Follow FB Fanspages Mubina Tour Indonesia - Sub.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top