Paseban Jati

0

Tahun 1811, kekuasaan Belanda-Perancis atas Jawa dapat dikalahkan oleh Kerajaan Inggris sehingga Jawa diserahkan kepada Kerajaan Inggris (1811-1816).

Selanjutnya, wilayah Lumajang, Besuki, Panarukan, dan Probolinggo oleh Inggris disewakan kepada seorang kapten yang juga tuan tanah yang kejam dari Probolinggo bernama Han Tik Ko.

Setelah menjadi penguasa Probolinggo yang baru, Han Tik Ko mengusir penguasa Probolinggo sebelumnya yang bernama Tumenggung Jayadiningrat ke Sedayu (Gresik). Karena itu orang-orang Jawa mulai tidak suka pada orang-orang China.

Sejak itulah Pasuruan yang sebelumnya selalu erat terkait dalam sejarah Probolinggo terputus dari sejarahnya. Pada masa itu hanya Puger dan Banyuwangi yang tetap dipegang seorang Bupati Pribumi dibawah kontroler pajak Belanda yang berkedudukan di Banyuwangi.

Tahun 1813, Kyai Mas (salah satu keturunan Prabu Tawangalun I) setamat dari belajarnya di Ampel Denta (Gresik) mulai berdakwah di Blambangan Barat; Pasuruan, Probolinggo, Besuki, dan Panarukan.

Melihat kesengsaraan rakyat dibawah kesewenang-wenangan Kapten Han Tik Ko, akhirnya Kyai Mas kemudian menetap di Probolinggo dan membentuk sebuah kekuatan rakyat untuk melawan Kapten Han Tik Ko.

Bersama dengan Demang Muneng dan 2.000 rakyat melakukan perlawanan untuk mengusir Han Tik Ko hingga perjuangannya berhasil mempengaruhi kebijakan Gubernur Raffles.

Gubernur Raffles tidak ingin perlawanan rakyat menyebar dan segera menebus daerah Besuki seharga 618.720 Gulden dari Kapten Han Tik Ko yang menguasainya.

Di Besuki inilah kemudian pemerintah England mendirikan pusat kendali jajahan di ujung timur Jawa. Kemudian wilayah Blambangan Barat dibagi dua;
  1. Kadipaten Puger (termasuk di dalamnya Jember) dibawah Bupati Reksanegara, dan
  2. Kadipaten Sentong/Bondowoso dibawah Bupati Kertanegara (Ki Ronggo).
Dua wilayah ini berada di bawah kontrol langsung oleh Residen Inggris di Besuki.

Posting khusus Syariat, Tariqat, Hakikat, Makrifat, silahkan kunjungi:

http://sufipedia.blogspot.com
Visit Sufipedia

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Paseban Jati dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





http://paseban-jati.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Paseban Jati

Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul Perlawanan Rakyat Blambangan Barat Terhadap Kekuasaan Kapten Han Tik Ko. Jika menurut Anda Perlawanan Rakyat Blambangan Barat Terhadap Kekuasaan Kapten Han Tik Ko bermanfaat mohon bantu sebarkan. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan tinggalkan komentar sebelum meninggalkan Paseban Jati. Jika ingin bergabung menjadi anggota Paseban Jati, silahkan klik DAFTAR. Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Mubina Tour Indonesia | Follow FB Fanspages Mubina Tour Indonesia - Sub.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top