Paseban Jati

0

Mongol-Tartar kalah telak saat menyerang Kekaisaran Jepang pada Tahun 1274 dan 1281 Masehi. Tak mau gagal lagi seperti pada penaklukan Jepang, Kubilai Khan memimpin sendiri 300.000 prajuritnya berlayar ke Jawa untuk menghukum Batara Kertanegara, penguasa Singasari yang pernah memotong kuping Meng Khi, duta Kubilai Khan yang diutus untuk menemui Kertanegara agar tunduk pada Mongol. Pada tahun 1293 Masehi, maharaja Negara Yuan itu tewas dengan kepala terlepas dari badannya. Pertempuran itu diibaratkan sebagai perang antara Raja Kangsa dengan si kecil Kresna.

Prasasti Kertarajasa menyebut, rambut kaisar penakluk itu menjadi hiasan singgasana Batara Kertarajasa Jayawardhana (Raden Wijaya). Tubuh dan kepala Kubilai Khan dikembalikan ke istana Dinasti Yuan. Mayat itu sampai di istana Yuan pada bulan Februari 1294 Masehi. Kekalahan Mongol atas Jawa membuat mayat Kubilai Khan tidak diperlakukan sebagaimana penguasa Dinasti Yuan sebelumnya. Tubuhnya dibawa berjalan selama tiga minggu sejauh 1.000 kilometer dan di lereng Burkhan Khaldun, Pegunungan Khenti, mayat itu dimakamkan.

Tartar berakhir sebagai negara taklukan Majapahit. Kidung Harsawijaya VI.177 b menyebut: “Sakwe ing satru wus enti dinon denira Sri Bhupati katekeng Nusantara akweh log lyan tungkul subhaktya karuhun tang Bali Tatar Tumasik Sampi Koci lan Gurun Wandan Tanjungpura tan open tang Dampo Palembang Makasar prapta sama mawwat sesi ni pura.”

Posting khusus Syariat, Tariqat, Hakikat, Makrifat, silahkan kunjungi:

http://sufipedia.blogspot.com
Visit Sufipedia

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Paseban Jati dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





http://paseban-jati.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Paseban Jati

Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul Jejak Tewasnya Kubilai Khan Di Jawa. Jika menurut Anda Jejak Tewasnya Kubilai Khan Di Jawa bermanfaat mohon bantu sebarkan. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan tinggalkan komentar sebelum meninggalkan Paseban Jati. Jika ingin bergabung menjadi anggota Paseban Jati, silahkan klik DAFTAR. Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Mubina Tour Indonesia | Follow FB Fanspages Mubina Tour Indonesia - Sub.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top