Paseban Jati

0
Batu Lumut Suliki
Ciri-Ciri Batu Lumut Suliki 

Wilayah Sumatera Barat memang sebuah daerah yang kaya akan bebatuan mineralnya. Selain memiliki batu Lumut Sungai Dareh, Sumatera Barat juga memiliki jenis Batu Lumut lain yang kali ini berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota – Payakumbuh. Dikenal dengan sebutan Lumut Suliki, makin hari tingkat kepopuleran batu ini semakin menanjak. Sudah dapat dipastikan bahwa dalam beberapa waktu kedepan, popularitas batu ini akan mampu menyaingi pendahulunya yaitu batu Lumut Sungai Dareh yang berasal dari Kabupaten Dharmasraya.

Batu Lumut Suliki merupakan jenis dari mineral Chrysoprase yang berasal dari Kecamatan Suliki Kab. Lima Puluh, Sumatera Barat. Penemuan batu Suliki ini, sebenarnya tidak disengaja. Karena tersamar di belantara hutan dan di celah-celah perbukitan, warga melihat bebatuan yang mengkilat. Setelah diasah, ternyata batu-batu itu menyembulkan kristal-kristal dengan tingkat kekerasan yang cukup tinggi.

Sejak saat itu warga setempat menyebutnya dengan “Lumuik Suliki” dan menjadi objek pencarian warga setempat untuk dijadikan batu cincin ataupun perhiasan lainnya, dan sampai kini mulai beredar di masyrakat dan menjadi primadona bagi para pecinta dan kolektor batu cincin.

Harga batu akik lumut suliki kini mulai merangkak naik, karena jumlah peminatnya semakin banyak. Keindahan dan warnanya yang unik, semakin menambah daya tarik bagi pecinta batu akik. Kawasan tambang batu akik ini terutama dijumpai di kawasan Desa Kenagarian Suliki, Kecamatan Suliki yang termasuk Kabupaten Lima Puluh Kota. Menjadikan daerah tersebut setiap harinya disibukkan dengan urusan pertambangan batu akik dan pembentukan menjadi batu akik oleh perajin.

Batu Lumut Suliki ini di pasaran pada umumnya dibandrol dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah per butirnya. Semakin indah dan besar khasiatnya, maka harganya akan semakin melonjak. Apalagi kalau batu akik ini semakin langka ditemukan di pasaran, maka harganya akan terus melejit.

Apa lagi di ajang pameran batu akik Asia Expo 2015, ada satu batu yang dihargai cukup fantastis. Yakni batu akik dari Kabupaten Limapuluh Kota jenis Lumut Hijau Suliki bermotif perahu diterjang badai. Batu dengan corak yang begitu dipandang-pandang dihargai Rp 155 juta.

Agar anda merasa yakin dalam membeli batu tersebut, berikut ini ulasan kami tentang Ciri Ciri Batu Lumut Suliki Asli:

Pertama, Memiliki keindahan pada warna dan motif
Kedua, Batu Suliki asli mengkilat dan tembus cahaya
Ketiga, Jika ditempelkan pada pipi akan terasa dingin

Cara Merawat Batu Lumut Suliki 

Pertama, Siapkan botol atau wadah kaca transparan
Kedua, Masukkan batu akik suliki kedalam botol
Ketiga, Rendam secara sempurna batu akik dengan menggunakan air oksigen yang banyak di jual di toko
Keempat, Lakukan perendaman sekitar 3 bulan lamanya

Demikian ulasan kami mengenai Ciri-Ciri Batu Lumut Suliki Asli dan Cara Merawat Batu Lumut Suliki. Semoga ulasan singkat ini berguna bagi anda yang ingin merawat batu akik kesayangan anda.

Selamat mencoba.


Sumber:
http://tabloidgemstone.com/ciri-ciri-batu-lumut-suliki-asli/
http://pusatbatu.com/cara-merawat-batu-lumut-suliki/


Posting khusus Syariat, Tariqat, Hakikat, Makrifat, silahkan kunjungi:

http://sufipedia.blogspot.com
Visit Sufipedia

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Paseban Jati dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





http://paseban-jati.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Paseban Jati

Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul Batu Lumut Suliki Sumatera Barat. Jika menurut Anda Batu Lumut Suliki Sumatera Barat bermanfaat mohon bantu sebarkan. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan tinggalkan komentar sebelum meninggalkan Paseban Jati. Jika ingin bergabung menjadi anggota Paseban Jati, silahkan klik DAFTAR. Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Mubina Tour Indonesia | Follow FB Fanspages Mubina Tour Indonesia - Sub.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top